Gudang Ilmu: Konstruksi Dermaga

Monday 5 February 2024

Konstruksi Dermaga


 

Dermaga adalah struktur bangunan yang dibangun di atas laut menghubungkan darat dan pelabuhan sebagai tempat kapal sandar, tambat yang akan melakukan kegiatan bongkar muat kargo lepas landas, dan mendaratkan penumpang. Konstruksi Dermaga terdiri dari 2 (dua) struktur utama yaitu struktur bangunan bagian atas (balok dan lantai) dan struktur bangunan bagian bawah (tiang pancang). Besar kecilnya dermaga tergantung dari jenis dan ukuran kapalnya yang akan berlabuh dan diikat ke dermaga. Mengingat ukuran dermaga harus didasarkan pada ukuran kapal serta kegiatan bongkar muat agar tetap aman.

Jenis-jenis Dermaga


Ada tiga jenis dermaga yaitu wharf atau quai, pier dan jetty

  1. Dermaga jenis wharf atau quaiadalah dermaga yang biasanya sejajar dengan garis pantai dan bertepatan dengan garis pantai.
  2. Jenis dermagapier adalah dermaga yang terletak di garis pantai dan lokasinya tegak lurus dengan garis pantai (bentuk jari).
  3. Dermaga jenis jettyadalah dermaga yang mengarah ke laut bagian dalam untuk digunakan untuk merapatkan kapal tanker atau kapal yang mengangkut gas alam yang memiliki ukuran yang sangat besar.

Bagian-bagian Konstruksi Dermaga


Bangunan dermaga terdiri dari beberapa bagian bangunan yaitu:

  • Fender
  • Landing Deck
  • Bridge (Jembatan)
  • Dolphin

Fender adalah bagian dari struktur yang berfungsi sebagai penghalang anti-tabrakan saat kapal berlabuh. Struktur ini dapat berlabuh atau dipisahkan, dan sistem fender dapat menahan gaya horizontal yang ditimbulkan oleh tabrakan kapal. Material penahan lumpur saat ini biasanya terbuat dari karet

Landing Deck adalah struktur utama dermaga dan platform untuk bongkar muat kargo dan penumpang di dalam dan di luar dermaga.

Jembatan adalah bangunan yang dapat dibangun sesuai dengan kebutuhan dermaga itu sendiri yang terdiri dari bangunan jembatan bergerak dan beberapa jembatan tidak bergerak (jembatan tetap). Jembatan adalah penghubung antara kapal dan dermaga dan jalur yang dilalui pejalan kaki.

Dolphin merupakan bagian dari struktur dermaga yang menjorok ke laut, yaitu tempat perahu diikat sehingga perahu tidak dapat bergerak bebas di dalam air, dan struktur tersebut akan ditarik oleh perahu.

Bagian khusus dari konstruksi dermaga meliputi:

Sistem pelindung lumpur (Fender)

Pada dasarnya dalam pembangunan dermaga terdapat 3 sistem fender yaitu:

  1. Fender kayu, jenis fenderini semakin jarang digunakan, karena semakin sedikit kayu yang panjang.
  2. Fender bersuspensi, bentuk fenderini berkisar dari yang paling sederhana hingga yang lebih sulit untuk diterapkan. Biasanya digunakan untuk konstruksi dermaga untuk menampung kapal-kapal kecil. Ada beberapa jenis yaitu: Rantai pelindung karet dan fender Karena biaya perawatan yang tinggi, bentuk ini hampir tidak digunakan lagi.
  3. Fender anti tabrakan, untuk menyerap energi kinetik tinggi yang dihasilkan oleh tabrakan kapal di dinding dermaga, saat ini dikembangkan tiga jenis, yaitu Fender hidrolik, Fender dermaga baja, dan fenderkaret.

Bagian Penambat

Penambat adalah bagian dari struktur dermaga yang digunakan untuk tujuan berikut:

  • Menambatkan kapal,dengan tujuan untuk mencegah gelombang, arus, dan angin bergerak yang dapat menggerakkan kapal.
  • Bantu kapaluntuk

Perangkat penambat dibagi menjadi 2 bagian:

  1. Bollardadalah Perlengkapan tambat yang ditambatkan di pinggir dermaga. Digunakan untuk menambatkan kapal yang sudah berlabuh, sehingga tidak menimbulkan pergerakan besar atau guncangan akibat gelombang, arus laut dan angin. Jenis Bollard meliputi: Bitt – menahan 35 ton gaya tarik, Bitt ganda – total bitt untuk menahan 70 ton gaya tarik, dan Corner Mooring Post (perambat tetap) – ditanam di pantai dan dekat ujung dermaga untuk menahan gaya tarik 50-100 ton.
  2. Penambat Pelampung adalah perangkat tetap yang terletak di luar dermaga, yaitu di pelabuhan atau di laut (lepas pantai). Pada port pool, fungsi pelampung adalah menggabungkan kapal yang berlabuh saat dermaga penuh dan berada di luar dermaga serta untuk membantu memutar arah kapal. Di laut (lepas pantai) pelampung berfungsi untuk kapal yang memiliki draft besar atau yang dapat diturunkan dari tongkang (bongkar muat).

Bangunan bagian atas

Struktur atas adalah struktur dermaga di atas, meliputi:

  1. Plat bawah merupakan bagian slab dermaga, dan fungsinya untuk dilalui oleh kendaraan yang mendekat atau mendarat dari kapal.
  2. Balok adalah rangkaian balok penopang yang memanjang dari struktur dermaga, yaitu lantai pengaku dan penahan beban.

Bangunan bagian bawah (Substruktur)

Satu-satunya yang bisa masuk dalam kategori bangunan di bawah dermaga adalah pondasinya. Pondasi adalah bagian dari dermaga yang ditanamkan atau dihubungkan dengan tanah, fungsi pondasi adalah untuk menahan beban pada bangunan dan memindahkannya ke roadbed. Tujuannya untuk mendapatkan keadaan stabil, dengan kata lain tidak akan terjadi penurunan yang besar baik secara vertikal maupun horizontal. Dari sekian banyak faktor, banyak jenis pondasi yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi yang ada, diantaranya:

Pondasi dangkal merupakan pondasi yang secara langsung menopang substruktur bawah tanah dan dapat dibedakan menjadi: Pondasi tumpuan, Basis kontinu, dan Dasar pondasi.

Pondasi yang dalam, dapat dibagi menjadi

  1. Pondasi tiang, yaitu pondasi tiang pancang digunakan bila kedalaman tanah penyangga melebihi 8 meter, bentuk pondasi tiang adalah lingkaran, persegi panjang, segitiga, dll.
  2. Pondasi sumur, bila kedalaman tanah penyangga 2-8 meter gunakan pondasi sumur, penampang pondasi berbentuk bulat, persegi panjang dan elips.

Tahapan Konstruksi Dermaga


Berikut ini adalah berbagai tahapan pembangunan dermaga secara garis besar dan tipe dermaga yang dijelaskan adalah tipe pier deck yang biasa digunakan:

Tiang baja / beton

Panjang tiang untuk pondasi adalah panjang titik tetap + kedalaman dasar laut + kedalaman tanah keras + freeboard (cut level).

Perkuat lubang tiang dan pemasangan template Bekisting

Tiang berlubang ini nantinya akan diisi beton dengan kedalaman tertentu, biasanya 1m-2m. Beton digunakan pada kolom ini untuk membentuk struktur kolom, dan struktur atas yang terbuat dari beton akan menjadi kohesif. Sekarang beton sudah diperkuat lebih banyak untuk menambah kekuatannya dari dalam. Bekisting dipasang untuk mendukung pilecap precast.

Peletakan pilecap precast

Tempatkan tutup tumpukan di atas bekisting. Fungsi dari pilecap adalah untuk menyambungkan balok, batang dan pelat. Selain itu, fungsi pilecap adalah untuk menahan gaya geser punching dari batang (akibat gaya reaksi beban pada pier). Inilah mengapa pilecap sangat tebal dan tingginya sekitar 1 m. Menurut beban di atas, gaya geser punching harus diperiksa. Jarak tiang ini sekitar 10-15 cm ke pilecap untuk diikat ke pilecap.

Pemasangan balok precast

Celah di tengah pilecap digunakan untuk menempatkan balok pracetak. Fungsi balok adalah untuk mendistribusikan beban dari slab ke pilecap, kemudian dari pilecap ke pilecap. Bahkan, beberapa batang baja menonjol dari tutup tiang dan balok pracetak. Fungsi batang baja yang diperpanjang adalah untuk mengikat komponen dermaga jembatan menjadi satu dan memperkuat beton yang akan dituang di atasnya. Hal yang sama berlaku untuk pelat cetak.

Pemasangan papan precast

Panel pracetak dipasang di antara balok.

Pengecoran finishing (akhir)

Sebelum menuangkan cor bagian atas, tulangan dipasang di dermaga untuk memperkuat beton. Bagian atas penuangan adalah pengecoran dermaga untuk memasang / merekatkan berbagai komponen dermaga precast. Untuk meratakan bagian atas, vibrator digunakan untuk membuat beton seragam dan tidak berpori. Ini adalah tahap terakhir.

Contoh bagian dermaga dengan standar komposisi struktur Konstruksi Dermaga sebagai berikut:

Pancang atas: 1,2 m x 1,2 m x 1,1 m

Beton: 0,6 m x 0,8 m

Papan: 4 m x 4 m x 0,3 m

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.