Gudang Ilmu: Belajar Pemrograman HTML Tingkat Lanjutan

Tuesday 1 August 2023

Belajar Pemrograman HTML Tingkat Lanjutan

 Belajar Pemrograman HTML Tingkat Lanjutan, kami telah menjelaskan sebelumnya tentang apa itu HTML? HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa pemrograman standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web ( dokumen HTML ) yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video. Sedangkan Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome.

HTML mempunyai file perluasan (extention) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi Anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".

Belajar pemrograman HTML, pada kesempatan kali ini kami aldoseprajohannes.blogger.com sebagai penyedia jasa pembuatan website profesional di Indonesia akan memberikan tutorial tentang belajar pemrograman HTML tingkat lanjutan, dalam pemrograman HTML ini kita akan membahas tentang format font dan format text dalam HTML, untuk memahami bagaimana struktur HTML, dapat Anda lihat disini Struktur Dasar Pemrograman Website Menggunakan HTML pemrograman Internet.

Belajar Pemrograman HTML Tingkat Lanjutan


Format Font HTML

Tag HTML untuk font adalah <font> ... </font>, dengan tag ini kita bisa menentukan jenis font (face), warna (color), dan ukuran (size). Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan contoh script berikut:

Latihan1-font.html

<html>
<head></head>
<body>
<font face= "verdana"> Text ini menggunakan font face Verdana </font><br />
<font face= "vivaldi"> Text ini menggunakan font face Vivaldi </font><br />
<font size= "5"> Text ini menggunakan font size 5 </font><br />
<font size= "3"> Text ini menggunakan font size 3 </font><br />
<font color= "blue"> Text ini menggunakan font color Blue </font><br />
<font color= "red"> Text ini menggunakan font color Red </font><br />
<font face= "verdana" size= "2" color= "magenta"> Text ini menggunakan font face Verdana, font size 2, font color Magenta </font>
</body>
</html>

Belajar pemrograman HTML tingkat lanjutan, sekarang ketik script di atas di dalam notepad, atau copas juga bisa ( adminya pake basa-basi dulu ). Iya, langsung copas saja ke dalam notepad, kemudian simpan (save as) dengan nama " latihan1-font.html " jangan lupa gunakan ekstensi [dot]html . Kemudian buka browser Mozila atau IE, open file tersebut, maka akan tampil seperti berikut:



Sebagai referensi, sesuai dengan recomendasi dari World Web Consortium (W3C) - belajar pemrograman HTML lanjutan, Untuk HTML 4.0 keatas, tag <font> tidak dipergunakan lagi, sebagai gantinya dibuat tag <style> atau disebut dengan Cassading Style Sheets (CSS). Dengan CSS penggunaanya akan lebih kompleks dan lebih luas karena dapat dikombinasikan dengan tag elemen-elemen lainnya di dalam dokumen HTML. Berikut adalah contoh penggunaan tag style sheets:

Latihan2-font.html

<html>
<head></head>
<body>
<h2 style= "font-family:vivaldi"> Judul Menggunakan font vivaldi </h2>
<p style= "font-family:tahoma"> Konten menggunakan font tahoma </p>
<h1 style= "font-size:150%"> Judul dengan ukuran 150% </h1>
<p style= "font-size:80%"> Konten dengan ukuran 80% </p>
<h1 style= "color:blue"> Judul dengan warna Biru </h1>
<p style= "color:red"> Konten dengan warna merah </p>
<p style= "font-family:verdana;font-size:80%;color:green"> Ini adalah contoh tulisan pengaturan font dengan Cassading Style Sheets (CSS) yang menggunakan tag HTML elemen style: font-family, font-size, dan color. </p>
</body>
</html>

Ketik script di atas di dalam notepad, simpan (save as) dengan nama " latihan2-font.html " jangan lupa gunakan ekstensi [dot]html . Kemudian buka browser Mozila atau IE, open file tersebut, maka akan tampil seperti berikut:



Format Text HTML

Untuk menulis biasanya terdapat paragraf dan baris baru, lantas bagaiman cara menuliskannya di dokumen HTML?. Dari contoh yang telah kita buat sebelumnya, coba tambahkan dengan tag-tag berikut ini:

Latihan1-text.html

<html>
<head>
<title>Ini adalah Website Pribadi Saya</title>
</head>
<body>
<hr>
<h1>Ini adalah halaman pertama Website Pribadi Saya</h1>
Dikerjakan oleh:
<hr>
<p>Saya sedang membuat paragraf dan ini contohnya.</p>
<p>Ini contoh paragraf yang lainnya.</p>
<p>Ini juga contoh paragraf, tapi de-<br>
ngan baris baru.<br>
Ini baris baru yang lain.</p>
</body>
</html>

Belajar pemrograman HTML tingkat lanjutan - Ketik script di atas di dalam notepad, simpan (save as) dengan nama " latihan1-text.html " jangan lupa gunakan ekstensi [dot]html . Kemudian buka browser Mozila atau IE, open file tersebut, maka akan tampil seperti berikut:



Kemudian untuk menampilkan teks sesuai dengan paragraph yang tertulis (what you see what you get) digunakan tag <pre> ... </pre>, misalnya untuk menuliskan syair sebuah lagu atau puisi:

Latihan2-text.html

<html>
<head>
<title>Pergilah Kasih</title>
</head>
<body>
<pre>
<b>Pergilah Kasih</b>
Pergilah Kasih Kejarlah keinginanmu
Selagi masih ada waktu... 
	Jangan Hiraukan diriku 
	Aku rela berpisah, demi untuk dirimu 
	Semoga tercapai, segala keinginanmu
</pre>
</body>
</html>

Ketik script di atas di dalam notepad, simpan (save as) dengan nama " latihan2-text.html " jangan lupa gunakan ekstensi [dot]html . Kemudian buka browser Mozilla Firefox, Google Chrome, atau IE (Internet Explorer), open file tersebut, maka akan tampil seperti di bawah ini:



No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.