Gudang Ilmu: 20 Ciri-Ciri Bipolar Disorder

Thursday 24 August 2023

20 Ciri-Ciri Bipolar Disorder

         Bipolar disorder atau gangguan bipolar merupakan salah satu masalah gangguan mental yang lebih menyreang kondisi psikis dari seseorang. Gangguan ini ditandai dengan perubahan suasana hati namun sangat ekstrim seperti mania dan depresi. Sehingga dalam bidang medis diistilahkan sebagai Manic Depressive. Gangguan mental ini disebut sebagai bipolar karena adanya dua kutub emosi yang berbeda yang ditunjukkan oleh penderitanya. Kutub pertama adalah mania, disini penderita bisa merasakan bahagia yang ekstrim bahkan hingga meledak-ledak. Sedangkan kutub kedua adalah depresi, kebalikan dari fase mania. Di fase ini, penderita akan mengalami rasa sedih , tidak bersemangat, lesu, dan sejenisnya.

Tentu saja jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kejiwaan penderitanya menjadi terganggu. Untuk mengetahui penyakit ini, lebih baik jika anda mengetahui Ciri-Ciri Bipolar Disorder terlebih dahulu.

1. Sering Murung

Ciri-Ciri Bipolar Disorder yang pertama adalah sering murung. Salah satu ciri dari penderita bipolar disorder adalah sikapnya yang sering murung. Sikap murung ini menjadi salah satu tanda dari depresi yang anda rasakan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bipolar sendiri merupakan efek dari depresi yang tidak kunjung diatasi sehingga menyebabkan gangguan pada kejiwaan anda. Untuk itu akan lebih baik untuk tidak membiarkan depresi terlalu lama anda rasakan. 

2. Menjauh Dari Keramaian

Hal lainnya yang sering terlihat saat penderita mengalami fase depresi adalah mulai menarik diri dari keramaian. Mereka tiba tiba tak menyukai jika berada di lingkungan yang ramai, sehingga membuat dirinya lebih senang dan nyaman untuk menyendiri. 

3. Sedih Yang Terlalu Berlebihan

Seringkali penderita bipolar akan memperlihatkan rasa sedih yang terlalu berlebihan. Hal ini dapat ditandai dengan sering menangis yang bahkan bisa berjam jam dilakukannya. Bahkan beberapa diantaranya akan mengurung diri di kamar sambil menangis hingga menjadi jadi. 

4. Perubahan Pola Makan Secara Drastis

Hal lainnya yang terlihat dari penderita bipolar adalah pola makannya yang berubah secara drastis. Tanpa sebab dan alasan yang jelas, pola makan nya bisa naik atau menurun secara drastis.

5. Mudah Marah

Penderita bipolar seringkali mengalami mudah marah, hal ini sama seperti penderita depresi pada umumnya. Pada fase depresi, seringkali penderita bipolar memiliki hati yang cukup sensitif. Semua hal yang berada di dekatnya menjadi tidak cocok dan tidak mengenakkan untuknya. Sehingga bagi anda yang berdekatan dengan orang orang penderita bipolar akan lebih baik untuk hati hati saat berkomunikasi. 

6. Pikirannya Berubah Ubah

Ciri-Ciri Bipolar Disorder lainnya adalah tidak tetapnya pemikiran yang dimiliki. Gangguan bipolar berkaitan dengan kinerja otak, sehingga membuat penderitanya mengalami pemikiran yang berubah ubah setiap saat. Misalnya saja di menit ini mereka berpikir A, lalu beberapa saat kemudian mereka berpikir menjadi B. Sehingga jika gangguan bipolar nya kambuh, maka membuat pikiran menjadi berubah ubah dan membuat orang lain tak bisa menebaknya. 

7. Kehilangan Energi Secara Drastis

Penderita bipolar seringkali kehilangan energinya secara drastis, meksipun sedang tak melakukan apa apa. Bahkan yang paling parah, mereka bisa merasa lemas hingga tak bisa meninggalkan tempat tidur dalam jangka waktu berhari hari. 

8. Sulit Berkosentrasi

Penderita bipolar seringkali kesulitan untuk berkosentrasi pada suatu hal. Penderita bipolar biasanya seringkali memikirkan banyak hal sehingga membuatnya kesulitan untuk berkosentrasi. 

9. Selalu Merasa Bersalah

Pada fase depresi, biasanya penderita bipolar akan selalu merasakan perasaan bersalah tanpa ada alasan yang jelas. Hal ini dikarenakan perubahan suasana hati yang dimilikinya secara tiba tiba membuatnya merasa menyesal dan bersalah yang berlarut larut. 

10. Kehilangan Minat Pada Hal Hal Yang Disenanginya

Penderita bipolar seringkali mulai kehilangan minat dari hal hal yang disenanginya. Segala hobi, minat, bahkan aktivitas yang sering dilakukannya mulai dihindari bahkan tanpa alasan yang jelas. 

11. Merasa Senang Yang Berlebihan

Ciri lainnya dari penderita bipolar adalah rasa senang berlebihan yang diperlihatkannya. Mereka akan merasa senang yang berlebih apalagi jika berhasil mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Namun rasa senang ini cukup berlebihan sehingga membuat orang orang di sekitarnya tak terlalu menyukainya. Hal ini dikaitkan dengan perubahan syaraf yang terjadi di otak. 

12. Berbicara Sangat Cepat

Ciri lainnya yang ada di fase mania adalah seringkali penderita bipolar bebricara cepat, bahkan hanya beberapa detik untuk banyak kata. Bahkan orang lain yang mendengarkan membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencerna kata kata yang diungkapkannya. 

13. Sering Mengalami Insomnia

Bagi penderita bipolar, waktu tidur menjadi hal yang paling susah dilakukannya. Hal ini karena mereka akan kesulitan untuk tidur sehingga menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang dan terganggu. Hal ini dikarenakan banyaknya pikiran di dalam otaknya yang menyebabkan orang tersebut tak bisa tidur.

14. Senang Kebut-Kebutan

Karena rasa enerjik yang dimilikinya membuat penderita bipolar seringkali mengendarai kendaraan dalam kecepatan tinggi. Sehingga bila gangguan bipolarnya sedang kambuh, akan sangat berbahaya saat membawa kendaraan. 

15. Tidak Bisa Diam

Hal lainnya yang sering terlihat dari penderita bipolar adalah susah untuk diam, sehingga membuatnya terus menerus bergerak dan berjalan ke tempat tempat lainnya. Hal ini berkaitan dengan rasa semangat dan enerjik pada fase mania. 

16. Bertindak Sembrono

Penderita bipolar seringkali melakukan hal-hal yang terkadang diluar nalar, bahkan cenderung gila bagi penilaian orang orang pada umumnya. Tindakan ini terkadang tak hanya merugikan diri sendiri namun juga orang orang lain di sekitarnya. Mereka bertindak tanpa memikirkan terlebih dahulu. 

17. Produktivitas Menjadi Turun

Gangguan bipolar tersebut dapat membuat kehidupannya menjadi menurun, bahkan tingkat produktivitasnya. Biasanya hal ini sering terjadi pada fase depresi, sehingga membuatnya akan sulit dikenali bahkan sulit untuk dikendalikan. 

18. Halusinasi

Penderita bipolar juga bisa sering mengalami halusinasi, biasanya ini terjadi pada fase mania. Mereka seringkali berpikir macam macam dan merasakan jika apa yang dipikirkannya seolah olah adalah benar. Padahal hal tersebut hanya berasal dari pikiran buruknya saja.  

19. Psikosis

Penderita bipolar juga seringkali mengalami psikosis, sehingga diri mereka sendiri tak bisa membedakan antara hal yang nyata dan tidak nyata di pikiran mereka sendiri. 

20. Selalu Ingin Bunuh Diri

Ciri-Ciri Bipolar Disorder lainnya yang terparah adalah saat dirinya selalu merasa ingin bunuh diri, hal ini diakibatkan karena rasa depresi yang sedang dirasakannya. Sehingga selalu menyebababkan rasa ingin menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.