Gudang Ilmu: PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN SERTA HUBUNGAN DENGAN PEMBELAJARAN

Wednesday, 14 November 2018

PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN SERTA HUBUNGAN DENGAN PEMBELAJARAN


A.    Peta konsep
Perkembangan ranah psiko-fisik difokuskan pada proses-proses perkembangan yang di pandang memiliki keterkaitan langsung dengan kegiatan belajar siswa.
Proses – proses perkembangan tersebut meliputi :
1)      Perkembangan motor, yakni proses perkembangan yang progresif dan berhubungan dengan perolehan aneka ragam keterampilan fisik anak
2)      Perkembangan kognitif, yakni perkembangan fungsi intelektual atau proses perkembangan kemampuan/kecerdasan otak anak
3)      Perkembangan sosial dan moral, yakni proses perkembangan mental yang berhubungan dengan perubahan-perubahan cara anak dalam berkomunikasi dengan obyek atau orang lain, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok
B.     Resume
Berikut ini pengertian pertumbuhan menurut para ahli adalah :

a.   Pappiare (1982)

Suatu penambahan berat, dalam ukuran atau bentuk berat, ukuran dimensif tubuh serta bagian-bagiannya.
b.  Sumartono dan Hartono (1994)

Berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut perubahan ukuran dan stuktur biologis.
c.   Crow dan Mappiare (1994)

Perubahan-perubahan  stuktur  dan  fisiologis  atau  halkerja  fisik dan   pembentukan   seseorang   secara   psikologis   diri   masih berbentuk   konsepsional   (awal   janin)   melalui   awal   periode prenatal (sebelum lahir) dan post natal (sesudah lahir) sampai pada saat dewasa
Perkembangan ialah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mutu fungsi organ-organ jasmaniah, bukan organ-organ jasmaniahnya itu sendiri.
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
1.      Perkembangan Motor (Fisik) Siswa     
Motor sebagai segala keadaan yang meningkatkan atau menghasilkan stimulasi/rangsangan terhadap kegiatan organ-organ fisik
Motor skills (kecakapan-kecakapan jasmani) perlu dipelajari melalui aktivitas latihan langsung yang disertai dengan pengajaran teori-teori pengetahuan yang bertalian dengan motor skills itu sendiri. Aktivitas latihan perlu dilaksanakan dalam bentuk praktik yang berulang-ulang oleh siswa, akan tetapi dalam praktek itu hendaknya dilibatkan pengetahuan ranah akal siswa.
2.      Perkembangan Kognitif Siswa
Istilah cognitive berasal dari kata cognition yang berarti mengetahui. Dalam arti luas cognition (kognisi) ialah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan.
Sudrajat (2009) mengemukakan bahwa untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaraan, pendidik dapat menggunakan pendekatan sebagai berikut:
(a)    Self esteem aproach; guru memperhatikan pengembangan self esteem (kesadaran akan harga diri siswa).
(b)   Creative approach; guru mengembangkan problem solving, brain storming, inquiry, dan role playing.
(c)    Value clrification and moral development approach; guru mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan holistik dan humanistik untuk mengembangkan segenap potensi siswa demi tercapainya self actualization, dalam situasi ini pengembangan intelektual siswa akan mengiringi pengembangan seluruh aspek kepribadian siswa, termasuk dalam hal etika dan moral.
(d)   Multiple talent approach; guru mengupayakan pengembanga seluruh potensi siswa untuk membangun self concept yang menunjang kesehatan mental.
(e)    Inquiry approach; guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan preses mental  dalam menemukan konsep atau prinsip ilmiah serta meningkatkan potensi intelektualnya.
(f)    Pictorial riddle approach; guru mengembangkan metode untuk mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi kelompok kecil guna membantu meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif.
(g)   Synetics approach; guru lebih memusatkan perhatian pada kompetensi siswa untuk mengembangkan berbagia bentuk methapor untuk membuka intelagensinya dan mengembangkan kreativitasnya. Kegiatn pembelajaran dimulai dengan kegiatan yang tidak rasinal , kemudian berkembang menuju pertemuan dan pemecahan masalah secara rasional.
Untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, seorang pendidik perlu memperhatikan hal hal sebagai berikut:
(1)   Bahwa siswa akan belajar lebih giat apabila topik yang dipelajarinya menarik dan berguna bagi dirinya.
(2)   Tujuan pembelajaran harus disusun dengan jelas dan diinformasikan kepada siswa sehingga mereka mengetahui tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Siswa juga dilibatkan dalam penyusunan tersebut.
(3)   Siswa harus selalu diberitahu tentang hasil belajarnya.
(4)   Pemberian pujian dan hadiah lebih baik daripada hukuman, namun sewaktu – waktu hukuman juga diperlukan.
(5)   Manfaatkan sikap-sikap, cita – cita, dan rasa ingin tahu siswa.
(6)   Usahakan untuk memperhatikan perbedaan individual siswa seperti perbedaan kemampuan, latar belakang dan sikap terhadap sekolah atau subyek tertentu.
(7)   Usahakan untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan jalan memperhatikan kondisi fisiknya, rasa aman, menunjukan bahwa guru peduli terhadap mereka, mengatur pengalaman belajar sedemikian rupa sehingga siswa memproleh kepuasan dan penghargaan, serta mengarahkan pengalaman belajar kearah keberhasilan, sehingga mencapai prestasi dan mempunyai kepercayaan diri (E. Mulyasa, 2003).

C.     Pertanyaan
1.      “suatu penambahan berat dalam ukuran / bentuk berat dimensi tumbuh serta bagian-bagianya” Pengertian pertumbuhan diatas dikemungkan oleh ?
a.       Mulyasa
b.      Pappiare
c.       Sumartono
d.       Hartono
Kunci jawaban : B
2.      Perkembangan kognitif anak terjadi pada?
a.       Moral
b.      Sosial
c.       Intelegtual
d.      Fisik
Kunci jawaban : C
3.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan ?
a.       Fisik dan kognitif
b.      Sosial
c.       Intelegtual
d.      Moral
Kunci jawaban : A
4.      Apa saja yang harus diperhatikan dari perkembangan peserta didik ?
a.       Ketekunan dalam belajar
b.      Kognitif
c.       Moral sosial
d.      Intelegtual
Kunci jawan : B
5.      Fenomena apa yang sering terjadi pada anak ?
a.       Peruban sikap
b.      Ketekunan
c.       Sosial
d.      Fisik
Kunci jawaban : A

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.