Gudang Ilmu: PERANAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR

Wednesday 14 November 2018

PERANAN KREATIVITAS DALAM BELAJAR


A.    Resume
Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang tidak dibuat oleh orang lain, sesuatu yang baru dan memiliki daya guna. Kreativitas adalah membuat sesuatu yang abstrak menjadi nyata, sesuatu yang potensial menjadi actual. Kreativitas adalah kombinasi dari tiga hal, yaitu :
  • Penalaran (thinking)
  • Kecakapan (skills)
Menurut TORRANCE (1962)
Kreatifitas adalah pola berfikir yang timbul secara spontan dan imajinatif, yang bercirikan hasil artistik, penemuan ilmiah, dan penciptaan mekanik.
Para ahli lain seperti Torrance dan Dembo (979); Utami Munandar (2004); Conny Semiawan (1984); Cohen (1976); Siegelman (1973) mengungkapkan beberapa ciri orang kreatif antara lain :
  1. Suka humor, tidak kaku dan tidak tegang dalam bekerja
  2. Suka pada pekerjaan yang menantang
  3. Cukup kuat memusatkan perhatian
  4. Suka mengemukakan ide-ide baru dan bersifat imajinatif
  5. Lebih sensitive terhadap keadaan orang lain
  6. Tidak banyak terikat pada kelompoknya
  7. Mampu memunculkan ide-ide yang aneh
  8. Terbuka terhadap ide-ide/penemuan baru
  9. Fleksibel//tidak kaku
  10. Memiliki konsep diri positif
Ciri kreatifitas juga digolongkan kedalam dua bagian yaitu
  1. Anak yang kreatifitasnya tinggi
  2. Anak yang kreatifitasnya rendah.
Kreativitas meminta, menggunakan dan menyeimbangkan tiga kemampuan sisntetik, analisis dan praktikal. Kemampuan sisntetik ialah mampu membangkitkan ide baru dan menarik. kemampuan analisis adalah mempertimbangkan berfikir kritik, keterampilan analisis dan ide evaluasi
Potensi kreatif berkembang melalui beberapa tahap sebagai berikut :
  1. Tahap persiapan yaitu mulai dengan mempelajari latar belakang masalah yang dihadapi
  2. Tahap konsentrasi (concentration) yaitu berfikir sepenuhnya tentang masalah tersebut
  3. Tahap inkubasi (incubation) yaitu istirahat untuk penenangan sejenak dengan cara santai sejenak
  4. Illumination yaitu tahap “AHA” pada saat itu mendapatkan suatu ide/gagasan tentang pemecahan masalah yang dihadapi
Ferifikasi/produksi yaitu tahap berakhir mulai memecahkan masalah tersebut dan mulai merealisasikan dalam bentuk ide-ide
Mengenai factor apa saja yang dapat mempengaruhi berkembangnya kreativitas seseorang, berikut ini David Campble ( dalam Mangunharjdono, 1986) menjelaskan adanya beberapa factor yang mempengaruhi, yaitu :
  1. Faktor genetik
  2. Adanya keterbukaan dalam keluarga
  3. Adanya kebebasan psikologis
  4. Kehidupan yang sering berpindah-pindah
  5. Tersedianya fasilitas yang memadai untuk mengembangkan bakat
  6. Keberanian dalam mengambil resiko
untuk mengembangkan kreatifitas (dalam mengajar) perlu menciptakan rasa aman dan kebebasan psikologis. Untuk itu pendidik harus mengusahakan :
  1. Menerima individu sebagaimana adanya dengan segala kelebihan dan keterbatasannya
  2. Menghindarkan adanya suasana yang bersifat mengancam
  3. Memberikan empati terhadap persoalan yang dihadapi anak
  4. Memberikan kebebasan untuk berpendapat, permissiveness (memaklumi) terhadap pemikiran anak
Ada pun kebiasaan guru yang baik dalam menumbuh kembangkan kreatifitas yaitu sebagai berikut :
      Bersifat mengasuh/membimbing
      Suka bersifat informal
      Memiliki persiapan mengajar yang matang
      Tidak terikat pada buku mata pelajaran saja
      Terbuka terhadap pendapat yang berlawanan
      Suka memberikan penguatan (reinforcement) bila ada siswa yang kreatif
      Tidak terlalu pasti








B.     Soal pertanyaan
1.      Pengertian kreatifitas adalah pola berfikir yang timbul secara spontan dan imajinatif menurut ?
a.       Torrance
b.      Guilford
c.       Roger
d.      Dembo
Kunci jawaban : A
2.      4 macam prilaku kreatif menurut parnes, kecuali ?
a.       Kelancaran
b.      Keluesan
c.       Keaslian
d.      Prilaku
Kunci jawaban : D
3.       Ciri ciri kretifitas tinggi adalah ?
a.       Kretif rendah
b.      Kretif tinggi
c.       Kreatif sedang
d.      Kreatifitas tinggi dan rendah
Kunci jawaban : D
4.      Perkembangan potensi kreatif berkembang melalui, kecuali ?
a.       Awal
b.      Persiapan
c.       Konsentrasi
d.      Inkubasi
Kunci jawaban :A
5.      Tahapan perkembangan kreatifitas menurut cropley, kecuali ?
a.       Prekonversional
b.      Konversional
c.       Poskonvensional
d.      Sikap                                 kunci jawaban : D
Daftar pustaka
Suhardan, Dadang  ;(2010) Inovasi dan Kreativitas Pendidikan,  hand out perkuliahan
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI  ;(2009) Manajemen Pendidikan, Alfa Beta, Bandung
Susilana, Rudi ; (2007), Media Pembelajaran, CV. Wacana Prima, Bandung

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.