Gudang Ilmu: Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017 - SKRIPSI

Wednesday 7 November 2018

Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017 - SKRIPSI


SKRIPSI





KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPLK MENURUT PERSEPSI GURU PAMONG PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK DI KOTA PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017








Skripsi Ini Diajukan sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Teknik Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP Padang








Oleh :



Aldo Sepra Johannes
2012 / 1202952








PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2018






















A.  Data Pribadi


                   BIODATA


1.
Nama
: Aldo Sepra Johannes
2.
Tempat/TanggalLahir
: Pabalutan / 1 September 1994
3.
Agama
: Islam
4.
Nama Ayah
: April
5.
Nama Ibu
: Janiar
6.
Anak Ke-
: 1 (Satu)
7.
Jumlah Bersaudara
: 3 (Tiga) orang
8.
Alamat
: Jorong Pabalutan, Kec. Rambatan
9.
Email
: aldoseprajohannes@gmail.com


B.  Latar Belakang Pendidikan

1.
Tahun 2000-2006
: SD Negeri 05 Pabalutan
2.
Tahun 2007-2009
: SMP Negeri 1 Rambatan
3.
Tahun 2009-2012
: SMK Negeri 2 Payakumbuh
4.
Tahun 2012-2018
: S.1 Pendidikan Teknik Bangunan FT- UNP


C.  Skripsi

1.
Judul
: Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK

Menurut   Persepsi   Guru   Pamong   pada


Program Keahlian Teknik Bangunan SMK


2.


Tempat Penelitian
di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017

: SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang, SMK



1 Sumbar, SMK Dhuafa Padang
3.
Hari/Tanggal Ujian
: Jumat/ 2 Februari 2018
4.
Pukul
: 14.00 – 16.00 WIB


 

 

ABSTRAK

Aldo Sepra   Johannes, 2018 : Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017.

Pembimbing 1         : Drs. Juniman Silalahi, M.Pd
Pembimbing 2         : Risma Apdeni, ST.,MT

Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukannya berbagai permasalahan saat mahasiswa melaksanakan PPLK, yang berkaitan dengan kemampuan mengajar mahasiswa praktikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap   bagaimana   kemampuan   mengajar   mahasiswa   PPLK   menurut persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang tahun ajaran 2016/2017.
Jenis  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kuantitatif  dengan  populasi  seluruh guru pamong di Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang sebanyak 28 guru. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling atau keseluruhan populasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Data primer didapat melalui angket mengenai persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPLK yang disebarkan kepada guru pamong yang menjadi sampel, sedangkan data sekunder adalah jumlah guru pamong yang diperoleh dari Ketua Jurusan Program Keahlian Teknik Bangunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Melakukan verifikasi data, (2) Melakukan klasifikasi dan tabulasi data, (3) Mengolah data dengan menghitung frekuensi dan nilai rata-rata (mean).
Dari  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  kemampuan  mengajar
mahasiswa PPLK menurut persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang termasuk dalam kategori cukup. Bila dilihat per indikator, persepsi guru pamong terhadap 3 indikator yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi  kepribadian,  dan  kompetensi  profesional  berada  dalam  kategori cukup, sementara untuk kompetensi sosial berada dalam kategori baik.



Kata Kunci: Persepsi, Guru Pamong, Kemampuan Mengajar


ABSTRACT

Aldo Sepra  Johannes, 2018    :  The  Teaching  Ability  of  PPLK  Students According to the Perceptions of Supervisor Teachers in Building Engineering Department of SMK in Padang City in Academic Year 2016/2017

The background of this research is various problems found in the implementation of PPLK, which are related to the teaching ability of PPLK students. The purpose of this study is to reveal how the teaching ability of PPLK students according to the perceptions of supervisor teachersin Building Engineering Department of SMK in Padang City in academic year 2016/2017.
The type of this research is quantitative descriptive research. The population is all supervisor teachers in Building Engineering Department of SMK in Padang City amounting 28 teachers. The sample was taken by using total sampling technique. The type of data used is primary and secondary data. Primary data were obtained through questionnaire about perceptions of supervisor teachers on the teaching ability of PPLK students that distributed to the respondents. Secondary data was the number of supervisor teachers obtained from the Head of Building Engineering Department. Data analysis techniques used are: (1) Data verification, (2)  Data  classification  and  tabulation,  (3)  Data  processing  by  calculating frequency and mean value.
The results showed that the teaching ability of PPLK students according to the perceptions of supervisor teacherin Building Engineering Department of SMK in  Padang  City is  in  fair  category.  Viewed  per  indicator,  the  perceptions  of supervisor   teachers   towards   3   indicators   (pedagogical,   personality,   and professional competency) are in fair category, while for social competencyis in good category.



Keywords: Perception, Supervisor Teacher, Teaching Ability








KATA PENGANTAR






Syukur  Alhamdulillah  penulis ucapkankan  kehadiran  Allah  SWT  yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi ini ditulis sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan  Jurusan  Teknik  Sipil  Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri  Padang. Dalam penyelesaian skripsi ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada yang terhormat:
1.    Kedua  Orang  tua  yang  telah  mendidik  dengan  penuh  kasih  sayang  serta memberikan dorongan moril dan materil.
2.   Bapak Drs. Juniman Silalahi, M.Pd. selaku pembimbing I dan Pembimbing Akademik yang telah telah meluangkan waktunya dengan tulus dan sepenuh hati memberikan bimbingan dalam menulis skripsi ini.
3.   Ibu   Risma   Apdeni,   ST.,MT.   selaku   pembimbing   II   yang   telah   telah meluangkan waktunya dengan tulus dan sepenuh hati memberikan bimbingan dalam menulis skripsi ini.
4.   Ibu Prima Zola, ST., MT. selaku penguji.

5.   Ibu Nadra Mutiara Sari, S.Pd.,M.Eng. selaku penguji.

6.   Bapak Dr. Rijal Abdullah, MT. selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil FT UNP

7.   Bapak Dr. Fahmi Rizal, MT.,M.Pd. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas

Negeri Padang.

8.   Rekan-rekan seperjuangan yang telah memberikan semangat dalam penulisan skripsi  ini.
Semoga  bantuan,  bimbingan  dan  arahan  serta  dorongan  yang  telah

diberikan kepada penulis mendapat pahala dan balasan dari Allah SWT. Penulis


menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini nantinya bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih.




Padang,  Januari 2018





Aldo Sepra Johannes












DAFTAR ISI






HALAMAN JUDUL PERSETUJUAN SKRIPSI PENGESAHAN SKRIPSI
SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT

BIODATA PENULIS


Halaman



ABSTRAK ................................................................................................................ i  
KATA PENGANTAR .............................................................................................. ii 
DAFTAR ISI.. ........................................................................................................... i
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vii DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................................ viii  
BAB I  PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah ....................................................................... 1

B.   Identifikasi Masalah.............................................................................. 4

C.   Batasan Masalah ................................................................................... 4

D.   Rumusan Masalah................................................................................. 4

E.   Tujuan Penelitian .................................................................................. 5

F.   Manfaat Penelitian ................................................................................ 5

BAB II  KAJIAN PUSTAKA

A.   Deskripsi Teori ..................................................................................... 6

1. Persepsi ............................................................................................
a. Pengertian Persepsi......................................................................
b. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi .............................. 7  
c. Prinsip Dasar Persepsi ................................................................. 7
2.    Program Pengalaman Lapangan Kependidikan ...............................
a. Pengertian PPLK .........................................................................
b. Pengelola PPLK ..........................................................................
c. Tugas dan Kegiatan PPLK .......................................................... 9
d. Penilaian ...................................................................................... 10



3.    Kemampuan Mengajar ..................................................................... 11 
a.   Pengertian Kemampuan/Kompetensi .......................................... 11 
b.   Pengertian Mengajar ................................................................... 12 
c.   Kemampuan/Kompetensi Guru Dalam Mengajar....................... 12
1)  Kompetensi Pedagogik ........................................................... 13

2)  Kompetensi Kepribadian ........................................................ 13

3)  Kompetensi Sosial .................................................................. 14

4)  Kompetensi profesional .......................................................... 14

B.   Penelitian yang Relevan .......................................................................... 15

C.   Kerangka Berfikir.................................................................................... 16

D.   Pertanyaan Penelitian ............................................................................. 17

BAB III METODE PENELITIAN

A. Desain Penelitian................................................................................... 18

B.  Tempat dan Waktu Penelitian ............................................................... 18

C. Populasi dan Sampel Penelitian ............................................................ 18

1.   Populasi Penelitian ........................................................................... 18

2.   Sampel Penelitian............................................................................. 19

D. Jenis dan Sumber Data .......................................................................... 19

1.   Jenis Data ......................................................................................... 19

2.   Sumber Data..................................................................................... 20

E. Instrumen Penelitian.............................................................................. 20

1.   Bentuk Penyusunan Instrumen......................................................... 20

2.   Penyusunan Instrumen ..................................................................... 20

F. Uji Coba Instrumen ............................................................................... 21  
a.   Uji Validitas Instrumen .................................................................... 22 
b.   Uji Realibilitas Instrumen ................................................................ 24
G. Teknik Pengumpulan Data .................................................................... 24

H. Teknik Analisis Data............................................................................. 24

BAB IV HASIL PENELITIAN ............................................................................... 26

A. Deskripsi data..................................................................................... 26

B.  Analisis Data ......................................................................................... 26

1.   Indikator Kompetensi Pedagogik.................................................... 26

2.   Indikator Kompetensi Kepribadian................................................. 28

3.   Indikator Kompetensi Sosial........................................................... 30

4.   Indikator Kompetensi Profesional .................................................. 32

C.  Pembahasan........................................................................................... 34

BAB V PENUTUP ................................................................................................... 37

A.  Simpulan ............................................................................................... 37

B.  Saran ..................................................................................................... 37

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................... 38













DAFTAR TABEL




Halaman

Tabel 1. Jumlah  Guru Pamong di Program Keahlian Teknik Bangunan .................. 19

Tabel 2. Skor Jawaban Setiap Pertanyaan Berdasarkan Sifatnya .............................. 20

Tabel 3. KisiKisi Instrumen Sebelum Uji Coba ...................................................... 21

Tabel 4. Kisi-Kisi Instrumen Setelah Uji Coba Penelitian ........................................ 23

Tabel 5. Harga Mean.................................................................................................. 25

Tabel 6. Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Pedagogik........................... 27

Tabel 7. Persentasi Jawaban Indikator Kompetensi Pedagogik ................................. 27

Tabel 8. Perhitungan Nilai Mean Indikator Kompetensi Pedagogik ......................... 28

Tabel 9. Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Kepribadian ........................ 29

Tabel 10. Persentasi Jawaban Indikator Kompetensi Kepribadian ............................ 29

Tabel 11. Perhitungan Nilai Mean Indikator Kompetensi Kepribadian .................... 30

Tabel 12. Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Sosial ................................ 31

Tabel 13. Persentasi Jawaban Indikator Kompetensi Sosial ...................................... 31

Tabel 14. Perhitungan Nilai Mean Indikator Kompetensi Sosial .............................. 32

Tabel 15. Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Profesional ....................... 33

Tabel 16. Persentasi Jawaban Indikator Kompetensi Profesional ............................. 33

Tabel 17. Perhitungan Nilai Mean Indikator Kompetensi Profesional ...................... 34

Tabel  18.  Hasil  Analisis  Data  Persepsi  Guru  Pamong  Terhadap  Kemampuan
                Mengajar Mahasiswa PPLK di Program Keahlian Teknik Bangunan ...... 35










DAFTAR LAMPIRAN




Halaman

Lampiran 1. Angket Uji Coba Penelitian .................................................................. 40

Lampiran 2. Tabulasi Data Uji Coba Penelitian ............................................. ......... 45

Lampiran 3. Hasil Uji Coba Instrumen Putaran 1............................................ ......... 46

Lampiran 4. Hasil Uji Coba Instrumen Putaran 2............................................ ......... 55

Lampiran 5. Hasil Uji Coba Instrumen Putaran 3............................................ ......... 58

Lampiran 6. Angket Penelitian ........................................................................ ......... 64

Lampiran 7. Tabulasi Data Penelitian .............................................................. ......... 69

Lampiran 8. Tabel R ........................................................................................ ......... 70

Lampiran 9. Surat Keterangan Uji Coba Penelitian dari UNP......................... ......... 71

Lampiran 10. Surat Keterangan Uji Coba Penelitian dari Dinas

Pendidikan ............................................................................................ 72

Lampiran 11. Surat Keterangan Uji Coba Penelitian dari SMKN 2

Payakumbuh.......................................................................................... 73

Lampiran 12. Surat Keterangan Penelitian dari UNP ................................................ 74

Lampiran 13. Surat Keterangan Penelitian dari Dinas Pendidikan ............................ 75

Lampiran 14. Surat Keterangan Penelitian dari SMKN 1 Padang ............................. 76

Lampiran 15. Surat Keterangan Penelitian dari SMKN 5 Padang ................... ......... 77

Lampiran 16. Surat Keterangan Penelitian dari SMK 1 Sumbar ..................... ......... 78

Lampiran 17. Surat Keterangan Penelitian dari SMK Dhuafa

Nusantara .................................................................................... ......... 79

Lampiran 18. Kartu Konsultasi Skripsi............................................................ ......... 80


 







BAB 1

PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keguruan, Universitas Negeri Padang (UNP) terus berupaya menyiapkan guru yang berkualitas dan profesional pada bidangn ya sehingga dapat memenuhi tuntutan   dunia   pendidikan.   Dalam   menyiapkan   tenaga pendidik   yang terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga pengajar, dan tenaga pelatih diperlukan  suatu  kompetensi  sebagai  tenaga  kependidikan.   Oleh karena itu, para mahasiswa S1 kependidikan  UNP wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi  melalui  kegiatan  Praktik  Pengalaman  Lapangan Kependidikan (PPLK)   yang meliputi kegiatan-kegiatan kurikulum sesuai dengan persyaratan yang ditentukan    dalam   penyelenggaraan    pendidikan dan   pengajaran   dalam sekolah. PPLK juga merupakan mata kuliah khusus bagi  mahasiswa   pendidikan   untuk   mengaplikasikan     teori   yang   telah diperoleh selama   perkuliahan   dan  merupakan   bagian   dari   kurikulum yang    sudah  ditetapkan  UNP,    termasuk dalam kurikulum  Program  Studi Pendidikan Teknik Bangunan.
UNP   dalam   pelaksanaan   PPLK  bekerja  sama   dengan   sekolah- sekolah  yang ada di Sumatera Barat  mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA),  dan  Sekolah  Menengah Kejuruan  (SMK). Melihat kenyataan ini, sudah seharusnya mahasiswa PPLK lebih mempersiapkan diri baik dari segi penguasaan materi maupun kemampuan mereka dalam mengajar.
Sebelum terjun ke sekolah latihan, mahasiswa praktikan mendapatkan bekal agar memiliki kesiapan untuk melaksanakan tugasnya sebagai    calon tenaga    pendidik    yang    profesional    dan    berkompeten. Sebelum PPLK dilaksanakan,  mahasiswa praktikan wajib  mengikuti micro  teaching,  yaitu suatu kegiatan praktik latihan  mengajar  yang  lingkupnya  lebih  kecil  dari
praktik   latihan   di sekolah,  karena  dalam  micro  teaching  ini mahasiswa



1








praktikan melakuka n latihan  mengajar  di  depan  teman-temannya   sesama mahasiswa   praktikan yang sudah terbagi ke dalam kelompok-kelompok latihan.
Mahasiswa  praktikan  telah  memperoleh  mata  kuliah  kependidikan yang   di dalamnya   menjelaskan   persiapan   yang   harus   dikuasai   oleh mahasiswa praktikan untuk menjadi guru yang profesional, namun tidak menutup   kemungkinan   pada  saat  pelaksanaan   PPLK  mahasiswa   akan menemui permasalahan-permasalahan yang cara penyelesaiannya belum pernah ditemui dalam teori selama kuliah. Hal ini terutama dikarenakan sifat siswa yang heterogen yang berbeda dari kelas yang satu dengan kelas yang lain,  yang  menuntut   cara  penyelesaian   yang  berbeda  juga.  Salain  itu, menuntut kesiapan mental yang  kuat dari mahasiswa PPLK untuk menyikapi segala bentuk kelakuan siswa juga diperlukan sebelum melaksanakan PPLK.
Selama pelaksanaan tugas dan kegiatan PPLK di sekolah latihan, mahasiswa  praktikan  akan berinteraksi  dan berkomunikasi  dengan  guru, siswa,  dan masyarakat  sekolah.  Siswa merupakan  salah satu  unsur pokok dalam interaksi antara guru dengan siswa sehingga tindakan-tindakan  guru harus berorientasi pada kemampuan dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu sudah  sepatutnya  apabila  pembelajaran  seorang  guru  tidak  hanya  ditinjau dari  sudut  guru  itu  sendiri,  tetapi  juga  dari  sudut  kepentingan siswa.
Berdasarkan  obsevasi  awal  yang  penulis  lakukan  pada  saat  PPLK

dengan  guru  pada  hari  Jumat  tanggal  21  Desember  2016  di  SMKN  2

Payakumbuh dengan Bapak Drs. H. Surianto dan Ibu Rina Azhar, M.Pd.T dari Program Keahlian Teknik Bangunan, ditemukan permasalahan-permasalahan yaitu, terdapat mahasiswa yang belum siap secara mental untuk melaksanakan PPLK. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya guru yang mengeluh   karena apa yang diajarkan mahasiswa PPLK tidak dipahami oleh siswa. Berdasarkan pendapat  salah  seorang  guru  pamong  ada  mahasiswa  PPLK  yang  tidak percaya diri dalam proses pembelajar, hal tersebut mengakibatkan mahasiswa tersebut tidak memiliki kepercayaan diri untuk berbicara didepan siswa.
Selain itu, kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara mahasiswa








PPLK dengan guru dan siswa, mahasiswa PPLK yang tidak pandai bergaul sewaktu pelaksanaan PPLK di sekolah praktik, suka menyendiri dan tidak pandai berkomunkasi dengan guru dan siswa di dalam kelas. Hal tersebut yang mengakibatkan guru kurang menghargai mahasiswa PPLK dalam proses belajar mengajar yang dikarena mahasiswa PPLK yang tidak pandai bergaul dengan lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaan PPLK hal terpenting adalah terjalinnya komunikasi yang baik dengan lingkungan sekolah terutama dengan guru-guru dan siswa.
Terdapat ketidakyakinan guru terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPLK. Hal itu disebabkan mahasiswa PPLK kurang memiliki kesiapan  yang  berkaitan  dengan  kemampuan  dan  ketrampilan  mahasiswa dalam   melaksankan   kegiatan   PPLK   tersebut,   mahasiswa   PPLK   tidak menguasai materi pelajaran sepenuhnya, kesalah pemilihan metode pembelajaran dan kurang menguasai media pembelajaran. Terkait dalam menyediakan dan mempersiapkan perencanaan pembelajaran sebagian besar mahasiswa kurang mampu dalam menyediakan RPP yang berkaitan dengan mata pelajaran yang kan diajar dikarenakan kurangnya referensi pendukung, jobsheet dan bahan ajar, mahasiswa kurang tepat dalam memilih dan menerapkan strategi maupun metode ajar yang cocok dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai Seiring dengan hal di atas salah seorang guru mengungkapkan, kompetensi yang dimiliki mahasiswa dalam beberapa mata pelajaran tertentu memiliki perbedaan dengan kompetensi yang ada disekolah praktik sehingga menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa untuk menyesuaikan diri dalam mengajar.
Hal lain yang terjadi dalam pelaksanaan PPLK seperti, kurangnya bimbingan oleh guru pamong terhadap mahasiswa PPLK yang mengakibatkan mahasiswa PPLK tidak tahu harus memulai materi dari mana. Dalam pelaksanaan PPLK ada mahasiswa yang dilepas begitu saja ke kelas tanpa didamping oleh guru pamong sebelum dimulainya pembelajaran. Dan hal lain yang terjadi sebahagian mahasiswa tersebut tidar bertanya ke guru pamongnya sebelum  masuk    kelas,  seakan  mahasiswa  tersebut  sudah  tau  apa  materi








pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Sebagai mahasiswa yang melaksanakan PPLK sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai bertanya ke guru pamong apa materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa pada hari itu.
Berpijak dari realitas tersebut, agar program PPLK yang dilaksanakan atas  dasar  tanggung  jawab    bersama  antara  UNP  dan  sekolah  latihan berjalan lebih efektif, maka dipandang perlu mengkaji kemampuan mengajar mahasiswa  praktikan PPLK m e n u ru t pe r sep si guru pamong. O leh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat tema tersebut dalam skripsi ini dengan judulKemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong pada  Program  Keahlian Teknik  Bangunan  SMK di  Kota  Padang Tahun Ajaran 2016/2017”.
B.  Identifikasi Masalah

Dari latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka identifikasi masalah dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.   Terdapat  mahasiswa yang belum siap secara mental untuk melaksanakan

PPLK.

2.   Terdapat ketidakyakinan guru terhadap kemampuan/kompetensi mengajar mahasiswa PPLK.
3.   Kurang  terjalinnya  komunikasi  yang  baik  antara  siswa  dan  guru  dengan mahasiswa PPLK.
4.   Masih kurangnya bimbingan oleh guru pamong terhadap mahasiswa PPLK.

C.  Batasan Masalah

Agar penelitian lebih terfokus, masalah penelitian ini dibatasi  pada kemampuan mengajar mahasiswa PPLK pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang menurut persepsi guru pamong.
D.  Rumusan Masalah

Berdasarkan   identifikasi   masalah   dan   batasan   masalah   dalam penelitian ini maka yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana kemampuan mengajar mahasiswa PPLK menurut persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang?



E.  Tujuan Penelitian

Tujuan dilakukan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah adalah untuk mengetahui kemampuan mengajar mahasiswa PPLK menurut persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Padang.
F.  Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut:

1.   Bagi UNP, dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan mengajar mahasiswa PPLK di sekolah latihan.
2.   Bagi  guru  pamong,  dapat  memberikan  ilmu  dan  pengalaman  serta memimbing mahasiswa PPLK dalam proses pembelajara.
3.   Bagi  mahasiswa  yang  akan  melaksanakan  PPLK,  diharapkan  dapat menjadi masukan dalam melaksankan PPLK.


  LEBIH LENGKAP KLIK LINK DOWNLOAD DIBAWAH..



LINK DOWNLOAD







No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.