SKRIPSI
KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPLK MENURUT PERSEPSI
GURU PAMONG PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK DI KOTA PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Skripsi Ini Diajukan
sebagai Salah Satu
Syarat untuk Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan
Teknik Program Studi Pendidikan
Teknik Bangunan Jurusan
Teknik Sipil FT UNP Padang
Oleh :
Aldo Sepra Johannes
2012 / 1202952
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2018
A. Data
Pribadi
BIODATA
1.
|
Nama
|
: Aldo
Sepra Johannes
|
2.
|
Tempat/TanggalLahir
|
: Pabalutan
/ 1 September
1994
|
3.
|
Agama
|
: Islam
|
4.
|
Nama Ayah
|
: April
|
5.
|
Nama Ibu
|
: Janiar
|
6.
|
Anak Ke-
|
: 1 (Satu)
|
7.
|
Jumlah Bersaudara
|
: 3 (Tiga) orang
|
8.
|
Alamat
|
: Jorong Pabalutan,
Kec. Rambatan
|
9.
|
Email
|
: aldoseprajohannes@gmail.com
|
B. Latar Belakang Pendidikan
1.
|
Tahun 2000-2006
|
: SD Negeri 05 Pabalutan
|
2.
|
Tahun 2007-2009
|
: SMP Negeri 1 Rambatan
|
3.
|
Tahun 2009-2012
|
: SMK Negeri 2 Payakumbuh
|
4.
|
Tahun 2012-2018
|
: S.1 Pendidikan Teknik Bangunan FT- UNP
|
C.
Skripsi
1.
|
Judul
|
: Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK
Menurut
Persepsi
Guru Pamong
pada
|
Program Keahlian Teknik Bangunan SMK
|
||
2.
|
Tempat Penelitian
|
di Kota Padang Tahun Ajaran
2016/2017
: SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang, SMK
|
1 Sumbar,
SMK Dhuafa Padang
|
||
3.
|
Hari/Tanggal Ujian
|
: Jum’at/ 2 Februari 2018
|
4.
|
Pukul
|
: 14.00 –
16.00 WIB
|
ABSTRAK
Aldo Sepra Johannes, 2018
: Kemampuan Mengajar Mahasiswa
PPLK Menurut Persepsi Guru
Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017.
Pembimbing 1 : Drs.
Juniman
Silalahi, M.Pd
Pembimbing 2 : Risma Apdeni, ST.,MT
Latar belakang
penelitian ini adalah
masih ditemukannya berbagai permasalahan saat mahasiswa melaksanakan PPLK, yang berkaitan dengan kemampuan mengajar mahasiswa praktikan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk
mengungkap bagaimana kemampuan mengajar
mahasiswa
PPLK
menurut
persepsi guru pamong
pada
Program Keahlian
Teknik Bangunan SMK di Kota
Padang tahun ajaran
2016/2017.
Jenis penelitian ini
adalah
deskriptif kuantitatif dengan populasi
seluruh
guru
pamong di Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang
sebanyak 28 guru. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling
atau keseluruhan populasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Data primer
didapat melalui angket mengenai persepsi guru pamong
terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPLK yang
disebarkan kepada guru
pamong yang
menjadi sampel, sedangkan data sekunder adalah
jumlah guru
pamong yang
diperoleh dari Ketua Jurusan Program Keahlian Teknik Bangunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah:
(1) Melakukan verifikasi data, (2)
Melakukan klasifikasi dan tabulasi data,
(3) Mengolah data dengan menghitung frekuensi dan
nilai rata-rata (mean).
Dari hasil
penelitian dapat
disimpulkan
bahwa
kemampuan
mengajar
mahasiswa PPLK menurut persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang termasuk dalam kategori cukup. Bila dilihat per indikator,
persepsi guru
pamong terhadap
3 indikator yaitu
kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, dan
kompetensi profesional berada
dalam
kategori cukup,
sementara untuk kompetensi sosial berada dalam kategori baik.
Kata Kunci: Persepsi, Guru Pamong, Kemampuan Mengajar
ABSTRACT
Aldo Sepra
Johannes, 2018
: The
Teaching Ability of
PPLK Students
According to the Perceptions of
Supervisor
Teachers in Building Engineering
Department of SMK in Padang City in
Academic Year 2016/2017
The background of this research is various problems found in the
implementation
of PPLK, which are related to the teaching
ability of PPLK
students. The purpose of this study is to reveal how the teaching ability
of PPLK
students according
to the perceptions of supervisor teachersin Building
Engineering Department of SMK in Padang City in academic year
2016/2017.
The type of this research is quantitative descriptive research.
The population
is
all supervisor teachers in Building Engineering Department of SMK
in Padang
City
amounting 28 teachers. The sample was taken by using total sampling
technique. The type of
data
used is primary and secondary data. Primary data were
obtained through questionnaire about perceptions
of supervisor teachers on the
teaching ability
of PPLK students that distributed to the respondents. Secondary data was the number of supervisor teachers
obtained from the Head of Building Engineering Department. Data analysis techniques used are: (1) Data verification, (2) Data classification and
tabulation,
(3) Data processing
by calculating
frequency and
mean
value.
The results showed that the teaching ability
of PPLK students according to the perceptions of supervisor teacherin Building Engineering Department of SMK
in Padang City is in
fair category. Viewed
per indicator, the
perceptions of supervisor teachers towards
3 indicators (pedagogical,
personality, and professional competency) are in fair category, while for social competencyis in
good category.
Keywords: Perception, Supervisor Teacher,
Teaching Ability
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah penulis ucapkankan kehadiran Allah
SWT yang
telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan
judul “Kemampuan Mengajar
Mahasiswa
PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di
Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi ini ditulis
sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan
Teknik Bangunan
Jurusan
Teknik
Sipil
Fakultas
Teknik Universitas
Negeri Padang. Dalam penyelesaian skripsi ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu,
penulis menyampaikan
terima kasih
kepada yang terhormat:
1. Kedua
Orang tua yang
telah mendidik dengan
penuh kasih
sayang serta memberikan dorongan moril dan materil.
2. Bapak Drs. Juniman Silalahi, M.Pd. selaku pembimbing I dan Pembimbing
Akademik yang
telah telah meluangkan waktunya dengan tulus dan
sepenuh hati memberikan bimbingan dalam menulis skripsi ini.
3. Ibu Risma Apdeni, ST.,MT. selaku
pembimbing II yang telah telah
meluangkan waktunya dengan tulus dan sepenuh hati memberikan bimbingan dalam menulis
skripsi ini.
4. Ibu Prima Zola,
ST.,
MT.
selaku
penguji.
5. Ibu Nadra Mutiara Sari,
S.Pd.,M.Eng. selaku penguji.
6. Bapak Dr.
Rijal Abdullah,
MT. selaku Ketua Jurusan Teknik
Sipil FT UNP
7. Bapak Dr. Fahmi Rizal, MT.,M.Pd. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas
Negeri Padang.
8. Rekan-rekan seperjuangan yang telah memberikan semangat dalam penulisan skripsi
ini.
Semoga bantuan,
bimbingan
dan arahan
serta dorongan yang
telah
diberikan kepada penulis mendapat pahala dan balasan dari Allah SWT. Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan skripsi
ini
masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini nantinya bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih.
Padang, Januari 2018
Aldo Sepra Johannes
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
PERSETUJUAN SKRIPSI PENGESAHAN SKRIPSI
SURAT
PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT
BIODATA PENULIS
Halaman
ABSTRAK ................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR .............................................................................................. ii
DAFTAR ISI.. ........................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vii DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................................ viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ....................................................................... 1
B. Identifikasi Masalah.............................................................................. 4
C. Batasan
Masalah ................................................................................... 4
D. Rumusan Masalah................................................................................. 4
E. Tujuan Penelitian .................................................................................. 5
F. Manfaat Penelitian ................................................................................ 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Deskripsi Teori ..................................................................................... 6
1. Persepsi ............................................................................................ 6
a. Pengertian
Persepsi...................................................................... 6
b. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi .............................. 7
c. Prinsip Dasar Persepsi ................................................................. 7
2. Program Pengalaman Lapangan Kependidikan ............................... 8
a. Pengertian
PPLK ......................................................................... 9
b. Pengelola PPLK .......................................................................... 9
c. Tugas dan Kegiatan PPLK .......................................................... 9
d. Penilaian ...................................................................................... 10
3. Kemampuan Mengajar ..................................................................... 11
a. Pengertian
Kemampuan/Kompetensi .......................................... 11
b.
Pengertian
Mengajar ................................................................... 12
c. Kemampuan/Kompetensi Guru Dalam Mengajar....................... 12
1) Kompetensi Pedagogik ........................................................... 13
2) Kompetensi Kepribadian ........................................................ 13
3) Kompetensi Sosial .................................................................. 14
4) Kompetensi profesional .......................................................... 14
B. Penelitian yang Relevan .......................................................................... 15
C. Kerangka Berfikir.................................................................................... 16
D. Pertanyaan Penelitian ............................................................................. 17
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Desain Penelitian................................................................................... 18
B. Tempat dan
Waktu Penelitian ............................................................... 18
C. Populasi dan Sampel Penelitian ............................................................ 18
1. Populasi Penelitian ........................................................................... 18
2. Sampel Penelitian............................................................................. 19
D. Jenis dan Sumber Data .......................................................................... 19
1. Jenis Data ......................................................................................... 19
2. Sumber Data..................................................................................... 20
E. Instrumen Penelitian.............................................................................. 20
1. Bentuk Penyusunan
Instrumen......................................................... 20
2. Penyusunan Instrumen ..................................................................... 20
F. Uji Coba Instrumen ............................................................................... 21
a. Uji Validitas Instrumen .................................................................... 22
b.
Uji Realibilitas Instrumen ................................................................ 24
G. Teknik Pengumpulan
Data .................................................................... 24
H. Teknik
Analisis Data............................................................................. 24
BAB IV HASIL PENELITIAN ............................................................................... 26
A. Deskripsi data..................................................................................... 26
B. Analisis Data ......................................................................................... 26
1. Indikator Kompetensi Pedagogik.................................................... 26
2. Indikator Kompetensi Kepribadian................................................. 28
3. Indikator Kompetensi Sosial........................................................... 30
4. Indikator Kompetensi Profesional .................................................. 32
C. Pembahasan........................................................................................... 34
BAB V PENUTUP ................................................................................................... 37
A. Simpulan ............................................................................................... 37
B. Saran ..................................................................................................... 37
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................... 38
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1. Jumlah
Guru Pamong di Program Keahlian Teknik
Bangunan .................. 19
Tabel 2. Skor Jawaban Setiap
Pertanyaan Berdasarkan
Sifatnya .............................. 20
Tabel 3. Kisi–Kisi Instrumen
Sebelum Uji Coba ...................................................... 21
Tabel 4. Kisi-Kisi Instrumen Setelah Uji Coba Penelitian ........................................ 23
Tabel 5. Harga Mean.................................................................................................. 25
Tabel 6. Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Pedagogik........................... 27
Tabel 7. Persentasi Jawaban
Indikator
Kompetensi Pedagogik ................................. 27
Tabel 8. Perhitungan
Nilai
Mean
Indikator Kompetensi Pedagogik ......................... 28
Tabel 9. Persepsi Guru
Pamong Terhadap Kompetensi Kepribadian ........................ 29
Tabel 10. Persentasi Jawaban
Indikator Kompetensi Kepribadian ............................ 29
Tabel 11. Perhitungan
Nilai
Mean Indikator Kompetensi Kepribadian .................... 30
Tabel 12. Persepsi Guru Pamong Terhadap
Kompetensi Sosial ................................ 31
Tabel 13. Persentasi Jawaban Indikator
Kompetensi Sosial ...................................... 31
Tabel 14. Perhitungan
Nilai
Mean Indikator Kompetensi Sosial .............................. 32
Tabel 15. Persepsi Guru Pamong Terhadap
Kompetensi Profesional ....................... 33
Tabel 16. Persentasi Jawaban
Indikator Kompetensi Profesional ............................. 33
Tabel 17. Perhitungan
Nilai
Mean Indikator Kompetensi Profesional ...................... 34
Tabel 18. Hasil
Analisis
Data
Persepsi Guru
Pamong Terhadap
Kemampuan
Mengajar Mahasiswa PPLK di Program Keahlian Teknik Bangunan ...... 35
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1. Angket Uji Coba Penelitian .................................................................. 40
Lampiran 2. Tabulasi Data Uji Coba Penelitian ............................................. ......... 45
Lampiran 3. Hasil Uji Coba Instrumen Putaran 1............................................ ......... 46
Lampiran 4. Hasil Uji Coba Instrumen Putaran 2............................................ ......... 55
Lampiran 5. Hasil Uji Coba Instrumen Putaran 3............................................ ......... 58
Lampiran 6. Angket Penelitian ........................................................................
......... 64
Lampiran 7. Tabulasi Data Penelitian .............................................................. ......... 69
Lampiran 8. Tabel R ........................................................................................ ......... 70
Lampiran 9. Surat Keterangan
Uji Coba Penelitian dari UNP.........................
......... 71
Lampiran 10. Surat Keterangan Uji Coba Penelitian
dari Dinas
Pendidikan ............................................................................................ 72
Lampiran 11. Surat Keterangan Uji Coba Penelitian
dari SMKN 2
Payakumbuh.......................................................................................... 73
Lampiran 12. Surat Keterangan
Penelitian dari UNP ................................................ 74
Lampiran 13. Surat Keterangan
Penelitian dari Dinas Pendidikan ............................ 75
Lampiran 14. Surat Keterangan
Penelitian dari SMKN 1 Padang ............................. 76
Lampiran 15. Surat Keterangan
Penelitian dari SMKN 5
Padang ...................
......... 77
Lampiran 16. Surat Keterangan
Penelitian dari SMK 1 Sumbar ..................... ......... 78
Lampiran 17. Surat Keterangan Penelitian dari SMK Dhuafa
Nusantara .................................................................................... ......... 79
Lampiran 18. Kartu Konsultasi Skripsi............................................................ ......... 80
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sebagai salah satu perguruan tinggi yang
menyelenggarakan
pendidikan keguruan, Universitas
Negeri Padang (UNP) terus berupaya
menyiapkan guru yang berkualitas dan profesional pada bidangn ya sehingga dapat memenuhi tuntutan
dunia pendidikan. Dalam menyiapkan tenaga pendidik yang
terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga pengajar, dan
tenaga pelatih diperlukan
suatu kompetensi sebagai tenaga
kependidikan.
Oleh karena itu, para mahasiswa S1 kependidikan UNP wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
Kependidikan (PPLK) yang
meliputi kegiatan-kegiatan kurikulum sesuai
dengan persyaratan yang ditentukan dalam penyelenggaraan pendidikan
dan pengajaran dalam sekolah. PPLK juga merupakan mata kuliah khusus bagi
mahasiswa pendidikan untuk mengaplikasikan
teori yang telah diperoleh selama perkuliahan dan
merupakan bagian dari kurikulum yang
sudah
ditetapkan UNP,
termasuk dalam kurikulum
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan.
UNP
dalam pelaksanaan PPLK bekerja
sama dengan sekolah- sekolah yang ada di Sumatera Barat mulai dari tingkat Sekolah Menengah
Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas
(SMA),
dan
Sekolah Menengah
Kejuruan
(SMK). Melihat kenyataan ini, sudah seharusnya mahasiswa PPLK lebih mempersiapkan diri baik dari segi penguasaan materi maupun kemampuan mereka dalam mengajar.
Sebelum terjun
ke
sekolah latihan, mahasiswa praktikan mendapatkan bekal agar memiliki kesiapan untuk melaksanakan tugasnya sebagai
calon tenaga pendidik yang
profesional dan berkompeten. Sebelum PPLK
dilaksanakan,
mahasiswa praktikan wajib mengikuti micro teaching, yaitu suatu kegiatan praktik latihan mengajar
yang
lingkupnya
lebih
kecil
dari
praktik latihan di sekolah,
karena
dalam
micro teaching
ini mahasiswa
1
praktikan melakuka n latihan
mengajar
di depan teman-temannya sesama mahasiswa praktikan
yang sudah terbagi ke dalam kelompok-kelompok
latihan.
Mahasiswa praktikan telah memperoleh
mata kuliah kependidikan yang di dalamnya menjelaskan persiapan yang harus dikuasai oleh
mahasiswa praktikan untuk menjadi guru yang profesional, namun tidak menutup kemungkinan pada
saat pelaksanaan PPLK mahasiswa akan
menemui permasalahan-permasalahan yang cara penyelesaiannya belum
pernah
ditemui dalam teori selama kuliah. Hal ini terutama dikarenakan sifat
siswa yang heterogen yang berbeda dari kelas yang satu dengan kelas yang lain,
yang menuntut cara penyelesaian yang
berbeda
juga. Salain itu,
menuntut kesiapan mental yang
kuat dari mahasiswa PPLK untuk menyikapi segala bentuk
kelakuan siswa juga diperlukan
sebelum melaksanakan
PPLK.
Selama pelaksanaan tugas dan kegiatan PPLK di sekolah latihan,
mahasiswa praktikan
akan berinteraksi dan berkomunikasi
dengan guru,
siswa, dan masyarakat
sekolah. Siswa merupakan salah satu
unsur pokok
dalam interaksi antara guru dengan siswa sehingga tindakan-tindakan guru harus berorientasi pada kemampuan dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu
sudah sepatutnya
apabila pembelajaran seorang guru tidak hanya ditinjau
dari sudut guru
itu
sendiri,
tetapi juga
dari sudut
kepentingan siswa.
Berdasarkan
obsevasi awal
yang
penulis
lakukan
pada
saat PPLK
dengan
guru pada hari
Jum’at
tanggal
21
Desember 2016 di SMKN 2
Payakumbuh dengan Bapak Drs. H. Surianto dan Ibu
Rina
Azhar, M.Pd.T dari Program Keahlian
Teknik Bangunan,
ditemukan permasalahan-permasalahan yaitu, terdapat mahasiswa yang belum siap secara mental untuk melaksanakan PPLK. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya guru yang mengeluh
karena apa yang diajarkan mahasiswa PPLK tidak dipahami oleh
siswa. Berdasarkan pendapat
salah seorang
guru pamong ada
mahasiswa
PPLK yang tidak percaya diri dalam proses pembelajar, hal tersebut mengakibatkan
mahasiswa tersebut tidak
memiliki kepercayaan
diri
untuk berbicara didepan siswa.
Selain itu, kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara mahasiswa
PPLK dengan guru dan siswa, mahasiswa PPLK yang
tidak pandai bergaul
sewaktu pelaksanaan
PPLK di sekolah praktik,
suka menyendiri dan
tidak pandai berkomunkasi dengan guru dan siswa di dalam kelas. Hal tersebut
yang mengakibatkan guru kurang menghargai mahasiswa PPLK
dalam proses belajar mengajar yang dikarena mahasiswa PPLK yang tidak pandai bergaul
dengan lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaan PPLK hal terpenting adalah terjalinnya komunikasi yang
baik
dengan lingkungan sekolah terutama dengan guru-guru
dan siswa.
Terdapat ketidakyakinan guru terhadap kemampuan
mengajar
mahasiswa PPLK. Hal itu disebabkan mahasiswa PPLK kurang
memiliki kesiapan yang berkaitan dengan
kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksankan kegiatan PPLK tersebut, mahasiswa PPLK tidak menguasai materi pelajaran sepenuhnya, kesalah pemilihan
metode
pembelajaran dan kurang menguasai media pembelajaran. Terkait dalam
menyediakan dan
mempersiapkan perencanaan pembelajaran
sebagian
besar mahasiswa kurang
mampu dalam menyediakan RPP yang
berkaitan dengan mata pelajaran yang kan diajar dikarenakan kurangnya referensi pendukung,
jobsheet dan bahan ajar, mahasiswa kurang
tepat dalam memilih dan menerapkan strategi maupun
metode ajar
yang cocok dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai Seiring dengan hal di atas salah seorang
guru mengungkapkan, kompetensi yang dimiliki mahasiswa dalam beberapa mata
pelajaran
tertentu
memiliki perbedaan dengan kompetensi yang ada disekolah
praktik sehingga menimbulkan kesulitan
bagi mahasiswa untuk menyesuaikan
diri
dalam mengajar.
Hal lain yang terjadi dalam pelaksanaan PPLK seperti, kurangnya
bimbingan oleh guru pamong terhadap mahasiswa PPLK yang mengakibatkan
mahasiswa PPLK tidak tahu harus
memulai materi dari mana. Dalam pelaksanaan PPLK ada mahasiswa yang dilepas
begitu saja ke kelas tanpa didamping
oleh
guru pamong sebelum dimulainya pembelajaran. Dan hal lain
yang terjadi sebahagian
mahasiswa tersebut tidar bertanya ke guru pamongnya
sebelum masuk
kelas, seakan mahasiswa tersebut
sudah
tau apa
materi
pembelajaran yang
akan diajarkan kepada siswa. Sebagai mahasiswa yang melaksanakan PPLK sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai bertanya ke guru pamong apa materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa pada hari itu.
Berpijak dari realitas
tersebut, agar program PPLK yang dilaksanakan
atas dasar tanggung jawab bersama
antara
UNP
dan
sekolah
latihan berjalan lebih
efektif, maka dipandang perlu mengkaji kemampuan mengajar
mahasiswa
praktikan PPLK m e n u ru t pe r sep si guru pamong. O leh karena itu
penulis tertarik untuk mengangkat tema tersebut dalam skripsi ini dengan
judul “Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK
Menurut Persepsi Guru
Pamong pada Program
Keahlian Teknik Bangunan
SMK di
Kota
Padang
Tahun Ajaran
2016/2017”.
B. Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka
identifikasi masalah
dapat dirumuskan
sebagai berikut:
1. Terdapat mahasiswa yang belum siap secara mental untuk melaksanakan
PPLK.
2. Terdapat ketidakyakinan guru terhadap kemampuan/kompetensi mengajar
mahasiswa PPLK.
3. Kurang
terjalinnya komunikasi yang
baik antara
siswa
dan
guru dengan
mahasiswa PPLK.
4. Masih kurangnya bimbingan oleh
guru pamong terhadap mahasiswa PPLK.
C.
Batasan Masalah
Agar penelitian lebih terfokus, masalah penelitian ini dibatasi
pada kemampuan mengajar mahasiswa PPLK pada Program Keahlian Teknik
Bangunan SMK di Kota Padang menurut persepsi guru pamong.
D.
Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan
batasan masalah dalam penelitian ini maka yang
menjadi rumusan masalah
adalah bagaimana kemampuan mengajar
mahasiswa PPLK menurut
persepsi guru
pamong
pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukan penelitian ini berdasarkan
rumusan masalah adalah untuk
mengetahui kemampuan mengajar mahasiswa PPLK menurut persepsi
guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Padang.
F.
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut:
1. Bagi UNP, dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan mengajar
mahasiswa PPLK di sekolah
latihan.
2. Bagi
guru pamong, dapat memberikan
ilmu dan pengalaman
serta memimbing mahasiswa PPLK dalam proses pembelajara.
3. Bagi
mahasiswa yang
akan
melaksanakan
PPLK,
diharapkan
dapat menjadi masukan dalam melaksankan
PPLK.
No comments:
Post a Comment
terimakasih telah mengunjungi blog saya.