Gudang Ilmu: Alat Berat Dan PTM

Saturday 22 April 2017

Alat Berat Dan PTM



BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi di era modern ini manusia dituntut dalam menyelesaikan suatu tugas untuk mencapai tujuannya secara cepat dan tepat. Di dunia teknik sipil pekerjaan yang dilakukan dituntut untuk dapat mencapai target produksi yang diinginkan, oleh sebab itu dibutuhkan teknologi yang dapat membantu dalam menyelesaikan target produksi yang ingin dicapai.
Pemindahan tanah mekanis adalah segala macam pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan penggalian (digging), pemuatan (loading), pengangkutan (hauling), penimbunan (dumping), perataan (spreading and leveling) dan pemadatan (compacting) tanah atau batuan dengan menggunakan alat-alat mekanis (alat-alat berat).
Oleh karena itu peralatan mekanis yang telah diciptakan dapat membantu dan mempermudah dalam setiap aspek pekerjaan yang dilakukan.


2.      Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari penulisan makalah ini diantaranya :
1.        Mahasiswa dapat mengetahui  dan memahami apa saja alat – alat pemindahan tanah mekanis.
2.        Mahasiswa dapat memahami prinsip kerja dari tiap – tiap alat pemindah mekanis.








BAB II
PEMBAHASAN

Alat-alat berat (yang sering dikenal di dalam ilmu Teknik Sipil) merupakan alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan. Alat berat merupakan faktor pentingdidalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi maupun pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala yang besar.
Tujuan dari penggunaan alat-alat berat tersebut adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Alat berat yang umum dipakai dalam proyek kostruksi antara lain :
- Dozer
- Alat gali (excavator) seperti backhoe, front shovel, clamshell
- Alat pengangkut seperti loader, truck dan conveyor belt
- Alat pemadat tanah seperti roller dan compactor, dan lain lain.
Pemindahan Tanah Mekanis (PTM) adalah semua pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan penggalian (digging, breaking, loosening), pemuatan (loading), peng-angkutan (hauling, transporting), penimbunan (dumping, filling), perataan (spreading, leveling) dan pemadatan (compacting) tanah atau batuan dengan menggunakan alat-alat mekanis (alat-alat berat/besar).  Yang dimaksud dengan tanah disini adalah bagian teratas dari kulit bumi yang relatif lunak, tidak begitu kompak dan terdiri dari butiran-butiran lepas. Sedangkan yang dimaksud dengan batuan adalah bagian kulit bumi yang lebih keras, lebih kompak dan terdiri dari kumpulan mineral pembentuk batuan tersebut. Oleh karena perbedaan kekerasan dari material yang akan digali sangat bervariasi, maka sering dilakukan penggolongan-penggolongan berdasarkan mudah-sukarnya digali dengan peralatan PTM. Adapun salah satu cara penggolongan material tersebut adalah :
A.    Lunak (soft) atau mudah digali (easy digging)
B.     Agak keras (mediun hard digging)
C.     Sukar digali atau keras ( Hard digging)
D.    Sangat sukar digali atau sangat keras (very hard digging) atau batuan segar (fresh rocks) yang memerlukan pemboran dan peledakan sebelum dapat digali.


Dalam makalah ini kami meninjau pemakaian alat berat yang digunakan pada proyek pembangunan gudang amunisi senjata Angkatan Laut di kota Padang yang berlokasi di Teluk Bayur. Proyek pembangunan gudang amunisi ini dikerjakan oleh PT. Lybas Areconstruction, dengan waktu pengerjannya selama 180 hari. Biaya pembangunan gudang amunisi tersebut diambil dari dana APBN tahun 2014 sebersar Rp 865.836.000,-.
Pada proyek ini digunakan beberapa alat berat yaitu:
1.      Excavator adalah alat berat yang terdiri dari lengan (arm), boom (bahu) serta bucket (alat keruk) dan digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dimotori dengan mesin  diesel dan berada di atas roda rantai (trackshoe). Excavator merupakan alat berat paling serbaguna karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan alat berat lain. Sesuai dengan namanya (excavation), alat berat ini memiliki fungsi utama untuk pekerjaan penggalian. Namun tidak terbatas itu saja, excavator juga bisa melakukan pekerjaan kontruksi seperti membuat kemiringan (sloping), memuat dumptuck (loading), pemecah batu (breaker), dan sebagainya. Karena perannya yang multifungsi, maka excavator selalu ditampilkan dalam segala jenis pekerjaan berat baik di darat maupun di atas air.Excavator diproyek ini digunakan untuk melakukan pembukaan lahan, dimana sebelumnya terdapat bangunan dan bukit yang menjadi penghalang untuk dilakukannya pembangunan gudang amunisi tersebut.
DSCN2873.JPG

2.      Bulldozer  adalah alat mekanis yang menggunakan tractor sebagai penggerak utamanya yang diperlengkapi dengan dozer attachment berupa blade. Bulldozer dirancang sebagai alat berat yang diberi kemampuan untuk mendorong ke muka atau depan. Bulldozer di proyek ini digunakan untuk melakukan perataan tinggi permukaan tanah lahan yang akan didirikan bangunan gudang amunisi.
bulldozer.jpg
3.      Truck molen digunakan untuk melakukan pengadukan ready mix, di proyek ini truck molen benton  digunakan  untuk pengangkutan dan pengecoran beton pada proyek tersebut.
CONCRETE_MIXER.jpg


Pada proyek tersebut alat berat yang digunakan bukan milik sendiri dari kontraktor yang mengerjakan proyek ini, namun alat beratnya di sewa. Informasi mengenai biaya alat berat yang digunakan pada proyek tersebut yakni:
1.      Penyewaan alat berat perjam senilai Rp.250.000,-. Dalam proyek ini dalam seminggu terhitung 50 jam.
2.      Biaya operator alat perhari senilai Rp.160.000,-.
3.      Banyak bahan bakar yang digunakan alat berat dalam perjam sebanyak  lebih kurang 20 liter.
4.      Lalu biaya angkut alat berat dari tempat penyewaan serta perizinannya sekitar Rp.2000.000,-.

Alat-alat berat yang ada di di proyek ini perawatannya dilakukan  oleh teknisi pemilik alat berat, namun apabila ada kerusakan berat pada alat berat, maka alat berat tersebut dibawa ke bengkel perawatan alat berat. 





























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dari hasil pantauan kami di lapangan dapat disimpulkan bahwa alat berat memang sangat berguna dan sangat efektif dalam membantu manusia menyelesaikan proses pekerjaan baik itu proyek biasa hingga berskala besar.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah mengunjungi blog saya.